Selasa, 03 Agustus 2010

"De Eerste Protestants Onderdaan Kerk"


Bro and Sis sebangsa tanah dan sebangsa air Indonesia yang dikasihi Tuhan.

Apa sih itu "De Eerste Protestants Onderdaan Kerk"??? kalo diterjemah kan kedalam bahasa Indonesia tercinta adalah "Warga Negara Protestan Pertama"

"De Eerste Protestants Onderdaan Kerk" itu kepanjangan dari DEPOK,,

yups benar kota Depok... tempat dimana kita kuliah ataupun ngekost, kota yang sering banget macet akibat oleh oknum2 yang kurang berkeprikemanusiaan (hahhaha..agak lebay)

saya/aku/gua/gw/ana mau ngebagiin tentang sejarah ke keristenan di kota depok..(idih...sok bgt gw yaw)


begini ceritanya....



Jaman dahulu kala/ long time ago.. ada seorang VOC (taukan VOC?) yg bernama Cornelis Chastelein yg membeli tanah didaerah Bojonggede (aduh gw sbg warga depok ga tw tuh dmn bojonggede...hehehe).

Tanah tersebut ia beli untuk dijadikan sebuah kebon (ehm,,kebon apaya? yg pasti bkn kebon bin-atang).
utk mengolah kebon tsb, pak Cornelis mengajak/memperkerjakan orang2 pribumi...

Bahkan ditahun 1871 pemerintahan Hindia Belanda mempercayakan Depok memiliki pemerintahan sendiri, bahkan memiliki presiden sendiri (waduh sapa ya presidennya? gw mau nge-add FBnya).

Singkat cerita,,, kembali ke pak Cornelis
(biar cepet).................^___^

ditahun 1714 pak Cornelis wafat/meninggal/tewas/gugur/mati/modar/die...
dan seluruh tanah yang dia punya dia wariskan kepada pekerja2nya (aduh baek bener dia, coba boss gw dikantor kayak gitu).. yang terdiri dari 12 keluarga/suku, yg antara lain sebagai berikut :
1. Jonathans,
2. Leander,
3. Bacas,
4. Leon,
5. Samuel,
6. Jacob,
7. Laurens,
8. Joseph,
9. Tholense,
10. Isakh,
11. Sudira,
12. Sandokh.
 
akan tetapi sayangnya suku sandokh telah punah, dikarenakan para lelakinyatelah tiada (lho koq bisa???). tau ga sih lw, ke-12 keluarga/suku diatas juga dikenal dengan sebutan "Belanda/Bule Depok".

Oiya, salah satu saksi bisu sejarah kekeristenan dikota depok itu adalah gedung gereja GPIB yang ada dijalan Pemuda depok. gedung ini sudah berdiri sejak tahun 1700 dan bertahan sampe sekarang (wah hebatkan...)


nah ini sedikit sejarah kekeristenan di kota depok, kota dimana gw tinggal. sebagai warga depok gw bangga tinggal disini, karena kota ini punya sejarah kekeristenan yang tak lekang oleh waktu (hahha..kerispatih mode on).

bgmn dgn kota tempat bro and sis tinggal???
apakah ada sejarah kota tersebut yg bisa dibagikan kepada kita semua.

kalao gak ada jgn berkecil hati donk...knp tidak anda saja yg membuat sejarah itu, mulai dari diri sendiri, keluarga, RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota, Propinsi atau bahkan Negara.
Agar kelak anak/cucu/cicit kalian bisa berbangga dengan anda. karena mempunyai kakek/eang/opung/mbah yg bisa menjadi terang dan garam ditempat ia tinggal, sehingga nama Tuhan dipermuliakan....

Amin.



dikutip dari "Tiberias News, edisi 04/Th II/2010"

0 komentar:

Posting Komentar